10/1/17

Tips Menjalankan Berbagai Macam Aplikasi Windows Sekaligus Dengan Satu Klik

Tips Menjalankan Berbagai Macam Aplikasi Windows Sekaligus Dengan Satu Klik

Tips Menjalankan Berbagai Macam Aplikasi Windows Sekaligus Dengan Satu Klik - Jika Anda membutuhkan banyak aplikasi untuk dapat digunakan setiap hari, anda dapat melakukannya dengan satu klik untuk bisa menggunakan berbagai aplikasi di windos, tentunya dengan tehnik yang akan kami bahas disini. Kami akan membahas tentang tips menjalankan berbagai macam aplikasi hanya dengan satu klik di windows tentunya mari kita simak dibawah ini yang pertama adalah kita membuat batch.


Pengertian Batch File

Batch adalah sebuah script yang terdapat dari Windows, berbagai macam perintah yang akan dieksekusi pada command line. Pada dasarnya dalam script tersebut sebenarnya bisa diterapkan pula secara langsung dengan command prompt (cmd) milik Anda di Windows. Anda pun bisa menambahkan beberapa fungsi operasi dan logika dalam file ini. Contohnya fungsi looping (for), percabangan (if – else) dan lainnya. Fungsi ini tidak lain adalah supaya Anda lebih mudah melakukan suatu pekerjaan yang berulang-ulang secara otomatis. Contohnya pada saat melakukan pengecekan koneksi internet atau pemanggilan aplikasi yang sering Anda gunakan.

Baca Juga


Berikut adalah beberapa file batch dengan extensinya.

  • File berjenis .bat, file dengan eksistensi ini mampu berjalan pada semua versi Windows. File tersebut akan langsung dijalankan pada command prompt windows.
  • File berjenis .cmd, sama dengan file .bat. Akan tetapi terdapat perbedaan, untuk beberapa Windows versi lama tidak akan bisa melakukan pembacaan pada file ini.
  • File berjenis .btm, file berjenis ini hanya  dapat digunakan terbatas pada setiap lingkungan Windows server.
Kami akan menjelaskan tentang bagaimana melakukan pemanggilan beberapa aplikasi lewat batch file. Tentunya akan membuat hemat waktu Anda dalam bekerja dalam satu klik di komputer yang digunakan.

Bagaimana Cara Membuat Batch File

Anda harus membuat batch file terlebih dahulu untuk melakukan pemanggilan aplikasi yang Anda gunakan. Dalam pembuatannya Anda tidak perlu melakukan instalasi aplikasi lain, cukup gunakan notepad ataupun wordpad yang terdapat di Windows milik Anda.

@echo off
cd "C:\Program Files\Sublime Text 2"
start sublime_text.exe
cd "C:\Program Files (x86)\Steam"
start Steam.exe
exit

Script diatas akan melakukan otomatisasi pada aplikasi Steam dan Sublime Text. Bisa saja Anda sendiori yang melakukan otomatisasi pada aplikasi lain. Apabila script tersebut sudah Anda tulis didalam notepad atau wordpad kemudian simpan dengan format namafile.bat.

Penjelasan Script Batch

  1. @echo off - Perintah ini dapat digunakan untuk tidak dapat menampilkan window command prompt ketika sebuah perintah dijalankan.
  2. cd C:\Program Files (x86)\Steam - Merupakan salah satu perintah yang dapat dilakukan untuk melakukan perpindahan direktori. Dapat melakukan pemanggilan aplikasi lain, Anda harus mengubah direktori file dimana aplikasi tersebut akan di install.
  3. start Steam.exe - Perintah ini merupakan sebuah perintah yang dapat digunakan untuk melakukan pemanggilan aplikasi berdasarkan direktori yang sudah ada pada perintah sebelumnya.
  4. exit - Perintah Akhir.

Dalam penggunaan Batch, Anda juga bisa menggantinya dengan icons yang menarik yang sesuai dengan keinginan Anda. Pemilihan icon tersebut bisa menggunakan icon default dari aplikasi atau menggunakan icon lain yang Anda buat sendiri. Untuk dapat menempatkan aplikasi Batch pada desktop, yang akan membuat shortcut file lebih mudah. Dengan cara klik kanan pilih new - Shortcut. kemudian, klik kanan pada shortcut. Ada beberapa pilihan yang ada, Properties harus di pilih. Yang terdapat pada window properties, ubah targetnya pada lokasi dimana Anda ingin menyimpan file .bat.
Tips Menjalankan Berbagai Macam Aplikasi Windows Sekaligus Dengan Satu Klik

Untuk dapat mengubah icon tampilan, pilih tombol change icon. Silahkan untuk menentukan sesuai dengan keinginan Anda pada sistem ataupun memilih icon lain pada komputer yang digunakan.


Demikian tentang Tips Menjalankan Berbagai Macam Aplikasi Windows Sekaligus Dengan Satu Klik, jika ada pertanyaan silahkan kirim ke dalam komentar, semorga bermanfaat dan terima kasih.