10/1/17

Cara Menambahkan Shorcut Aplikasi Lewat Klik Kanan Windows

Cara Menambahkan Shorcut Aplikasi Lewat Klik Kanan Windows
Cara Menambahkan Shorcut Aplikasi Lewat Klik Kanan Windows - Dengan cara menambahkan shortcut lewat klik kanan pada windows tentunya akan memberikan sebuah solusi untuk memberikan sedikit ruang dalam desktop yang Anda gunakan. Anda juga bisa membuat programming untuk melakukannya, hanya dengan beberapa langkah sederhana dan tampilan desktop yang Anda gunakan akan terlihat rapih serta dapatkan dengan mudah melalui menu shorcut aplikasi yang akan kita buat disini.

Baca Juga


Bagaimana Cara Menambahkan Shorcut Aplikasi Lewat Klik Kanan Windows

Secara lengkap kami akan memberikan tips kepada Anda mengenai cara membuat shorcut aplikasi untuk Windows 7 atau versi terbaru dari Windows. Dengan cara merubah registry dari sistem operasi Windows. Langkah awal untuk melakukannya adalah dengan akses Registry Editor (regedit.exe) yang telah terinstall secara default pada sistem operasi Windows. Kami disini akan menggunakan kombinasi tombol Windows + R, lalu ketikan regedit.
HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shell
Dalam langkah ini, windows akan muncul dalam desktop Anda, tambahkan folder baru di dalam direktori tersebut. Tujuan penambahan folder ini adalah membuat menu baru. Caranya dengan klik kanan pada folder shell, pilih New lalu key.
Cara Menambahkan Shorcut Aplikasi Lewat Klik Kanan Windows
Penjelasan
  • Name : Gunakan nama Shell untuk file Anda.
  • Type : Berisi tipe dari jenis value yang ada, apakah berupa string(huruf) atau integer(Angka) untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat pada halaman developer Windows
  • Data : Adalah path aplikasi atau perintah (Syntax command line) ketika dijalankan.
Kemudian berikan nama yang sesuai dengan keinginan, nama ini akan sesuai dengan nama menu yang akan dimunculkan pada saat Anda melakukan klik kanan di desktop. Contoh kami memberikan nama Steam, untuk aplikasi Steam.

Selanjutnya adalah menambahkan aksi untuk menjalankan aplikasi tersebut. Klik kanan pada folder yang baru dibuat, pilih New lalu Key. Beri nama folder tersebut command, dengan huruf kecil. Untuk menyesuaikan dalam penyusunan dari sistem operasi windows. Lalu isi value data direktori tempat aplikasi tersebut terinstall, contoh Aplikasi steam milik kami ada dibagian direktori “C:\Program Files (x86)\Steam\Steam.exe”

Cara Menambahkan Shorcut Aplikasi Lewat Klik Kanan Windows

Seperti pada penjelasan sebelumnya untuk value data, yaitu untuk pemanggilan aksi atau penempatan direktori. Apabila menggunakan system untuk dipanggil, Anda bisa menempatkan syntax command prompt untuk ditempatkan didalam kolom value data.

Agar lebih mudah menemukan path (Link direktori aplikasi), gunakan shift + Klik kanan. Kemudian pilih Copy as path, karena lebih praktis untuk digunakan pada sistem operasi Windows.

Akan terlihat tampilan yang berbeda pada klik kanan wallpaper desktop. Perbedaaan ini tidak mengharuskan untuk melakukan restart sebelumnya terhadap perangkat komputer. Jika Anda hendak menambahkan aplikasi lainnya Anda hanya tinggal mengulangi langkah ini sesuai kebutuhan Anda.

Cara Menambahkan Shorcut Aplikasi Lewat Klik Kanan Windows

Dalam melakukan pengubahan registry Windows merupakan salah satu hal yang berbahaya jika tanpa pengetahuan yang jelas, secara otomatis nanti akan berpengaruh terhadap kelangsungan dari sistem operasi itu sendiri. Demikian penjelasan tentang Cara Menambahkan Shorcut Aplikasi Lewat Klik Kanan Windows, semoga bermanfaat dan terima kasih.