7/12/17

Cara Backup Blog Di Blogger

Cara Backup Blog Di Blogger

Blogger adalah platform blogging yang dimiliki oleh google. Blogger sendiri memiliki fitur-fitur yang dirasa cukup lengkap untuk urusan blogging dan juga blogger adalah saingan terberat dari wordrpress yang juga sama-sama platform blogging.

Nah di kesempatan kali ini saya ingin membagikan sedikit tutorial tentang bagaimana cara melakukan backup blog dengan blogger. Nah tujuan dari melakukan backup adalah jika kita melakukan ketidak sengajaan kepada blog kita seperti menghapus postingan lama atau blog kita dibanned maka kita masih tetap memiliki backup an dari blog kita. Lalu bagaimana cara melakukan backup di blog kita lewat blogger?
   Baca Juga:



Melakukan Backup Pada Template Blog

Nah cara pertama adalah kita akan melakukan backup template atau desain blog kita, sehingga jika nanti kita ingin melakukan restore blog kita tidak akan dibuat kebingungan dengan desain seperti apa blog kita sebelumnya. 

Nah untuk cara melakukan backup pada template blog caranya cukup mudah, anda hanya tinggal pergi ke dashboard blog. Kemudian anda pilih Template, selanjutnya anda pilih Download full template pada bagian backup / restore template. Nah hasil dari backup an template blog ini nantinya akan berekstensi .xml

Melakukan Backup Keseluruhan Data Blog

Nah cara kedua adalah kita akan melalukan backup keseluruhan data dari blog kita. Dengan melakukan backup ini maka semua postingan dan juga komentar yang ada di blog kita akan ter backup secara otomatis. Nah nama lain dari metode ini adalah export blog. 

Untuk cara melakukan export blog ini sangat mudah anda hanya tinggal pergi ke dashboard blog anda, kemudian anda pilih menu settings atau pengaturan, selanjutnya anda pilih Other dan klik Backup Konten blog. Nah dengan cara ini kita bukan mengambil atau memindah data blog kita, akan tetapi dengan cara ini kita mengcopy semua data blog kita untuk kemudian di download oleh komputer kita dengan file ekstensi .xml


Nah itulah bagaimana cara melakukan backup blog di blogger, tentunya dengan begini anda tidak akan takut jika terjadi apa-apa pada blog anda.